Jumat, 25 Desember 2009

BALIBO FIVE

"BALIBO FIVE" merupakan salah satu peristiwa yang terjadi beberapa tahun silam sebelum Timor Timur merdeka. Balibo merupakan daerah yang ada di Timor Timur (sekarang Timor Leste). Disana terjadi peristiwa yang sempat menghebohkan masyarakat Australia. Lima jurnalis dari Negeri tersebut tewas saat bertugas di daerah itu. Mereka diduga "dibunuh" pada tahun 1975. Mereka adalah dua warga Australia, yakni reporter Greg Shackleton (27 tahun) dan perekam suara Tony Stewart (21 tahun); seorang warga Selandia Baru, juru kamera Gary Cunningham (27 tahun) yang bekerja untuk jaringan HSV-7 (Seven Network) di Melbourne; serta dua warga Inggris, yakni juru kamera Brian Peters (29 tahun) dan reporter Malcolm Rennie (28 tahun) yang bekerja untuk jaringan TCN-9 (Nine Network) di Sydney.

Di Australia berkembang kabar bahwa mereka sengaja dibunuh oleh tentara Indonesia bukan tewas dalam baku tembak. Namun pihak Indonesia mengklaim semua kabar tersebut dan tetap menyatakan mereka tidak dibunuh, melainkan tewas dalam baku tembak. Tentu perbedaan tersebut menjadikan hal tersebut menjadi tanda tanya hingga saat ini.

Peristiwa tersebut sempat mati suri sebelum film yang berjudul BALIBO FIVE diluncurkan. Film tersebut kembali menguak cerita tersebut. Film yang disutradarai Robert Connolly tersebut sekarang menjadi kontroversi. Film ini rencananya akan diputar di Indonesia, namun dengan tidak lulus sensor dari LSF menjadikan hal tersebut batal dilakukan. Ingin lihat film tersebut??ada disini

Diluar film tersebut ada hal yang sempat juga menjadi kontroversi. Pernyataan dari Gatot Purwanto mantan anggota KOPASUS yang menjadi saksi mata peristiwa tersebut. Dia menyatakan bahwa kelima jurnalis tersebut dibunuh oleh TNI dalam pertempuran di Balibo. Dia menambahkan, setelah dibunuh jasad mereka dibakar.

0 komentar:

Posting Komentar